Aturan BPJS Kesehatan yang Sudah Berlaku secara Nasional, Pemilik Kartu BPJS Wajib Tahu, Simak!

Bagikan Artikel

MediaFaktualHukum.com — Peserta¬†BPJS¬†Kesehatan kini hanya membutuhkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk berobat. Asisten Deputi Komunikasi Publikasi dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan Agustian Fardianto menyebut ketentuan ini telah berlaku nasional, terutama di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) masing-masing peserta.¬†

Menurutnya, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) cukup menunjukan KTP saat berobat selama peserta masih berstatus aktif dan telah mengikuti prosedur berlaku.

Adapun aturan penggunaan NIK sebagai identitas peserta ini sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Bukan hanya itu, kebijakan ini juga mendukung Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Selain itu, menurut Ardi penggunaan NIK sebagai nomor identitas peserta JKN akan meningkatkan akurasi data peserta JKN secara terintegrasi. Bagi anak-anak yang belum memiliki KTP, dapat mengakses layanan kesehatan dengan menunjukkan kartu identitas anak (KIA).

Baca jugaberita lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *