Datangi Indonesia Upaya Perdamaian, Yayasan Jepang Berencana Rehab Gedung SD di Tubaba

Bagikan Artikel

Tulang bawang barat MEDIAFAKTUALHUKUM.COM. Pendidikan merupakan kunci utama bagi suatu Negara untuk unggul dalam persaingan global. Lantaran, pendidikan dianggap sebagai bidang yang paling strategis untuk mewujudukan kemajuan hingga kesejahteraan Nasional.

Oleh karenanya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter merupakan salah satu persyaratan agar terbentuknya suatu peradaban yang tinggi. Sebaliknya, SDM yang rendah akan menghasilkan peradaban yang kurang baik pula untuk kedepannya.

Guna mensuport dunia pendidikan di Indonesia, Nippon Donation Foundation Yayasan asal Jepang telah melirik salah satu Sekolah Dasar (SD) yang ada di Tiyuh (Desa) Gedung Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU), Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Menurut Sakura bersama rekannya yang datang ke Tubaba mewakili Yayasan mereka, SD di Tiyuh Gedung Ratu layak dilirik lantaran bangunan yang kurang memadai, oleh sebab itulah mereka berencana untuk menyalurkan bantuan berupa dana untuk rehabilitasi bangunan gedung sekolah.

“Yang saya lihat ada dua yang penting di Tubaba ini. Yaitu, mengenai bangunan tempat pendidikannya yang cukup memprihatinkan, dan pengembang karakter budaya untuk masyarakat melalui seni budaya yang perlu kita tingkatkan,” ujar perwakilan yayasan Nippon Donation Fondation Jepang, Sakura, yang disampaikan melalui penerjemahnya saat dikonfirmasi wartawan, pada Senin (20/2/2023).

Lanjut Sakura, langkah itu dilakukan untuk melakukan perdamaian dunia melalui bidang pendidikan. Maka dari itu, dia menilai Kabupaten bermotokan Ragem Sai Mangi Wawai ini merupakan suatu daerah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat merealisasikan tujuan Yayasannya.

Sakura juga mengatakan, jika rehabilitasi pada gedung SD di Tiyuh Gedung Ratu telah terealisasi, maka pihaknya berencana bakal menyusuri tempat pendidikan lain yang dinilai layak menerima bantuan tersebut.

“Yayasan kami memiliki tujuan untuk melakukan perdamaian dunia melalui bidang pendidikan anak-anak, rencana kami untuk memberikan dana bantuan dari yayasan sendiri merupakan langkah awal. Jika teman-teman saya dari yayasan tertarik, kami akan mencari kembali tempat-tempat yang kami nilai layak untuk kami bantu kedepannya, dan saya menilai Tubaba ini tempat yang indah serta masyarakatnya memiliki hati yang baik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tubaba, Budiman Jaya, menyampaikan terimakasih atas perhatian Yayasan Nipoon Donation Fondation yang diberikan kepada salah satu sekolah yang ada di Tubaba.

Jika bantuan terealisasi, Budiman Jaya berharap pihak sekolah dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin, sehingga mampu menunjang dunia pendidikan di SD Gedung Ratu. “Inikan independen bukan memakai anggaran APBD, jadi saya harapkan semoga ini awal permulaan yang baik untuk sekolah-sekolah yang ada di Tubaba kedepannya,” tandasnya

ARIPIN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *