Dinas Tanaman Pangan Horikultura dan Perkebunan Tubaba Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Bagikan Artikel
Reny Dewi Rafia plt. Kadis Tanaman Pangan Horikultura dan Perkebunan Tubaba

MediaFaktualHukum.Com PANARAGAN– Dinas Tanaman Pangan Horikultura dan Perkebunan kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), mengajak masyarakat di kabupaten setempat untuk maksimalkan pemanfaatan lahan perkarangan untuk ditanami tanaman sayur mayur ataupun tanaman berupa terong, cabai, kacang panjang dan sejenisnya. Tujuanya untuk peningkatan kesejahtraan ekonomi keluarga, peningkatan gizi masyarakat, pencegahan stunting, dan peningkatan protein.

Berbincang santai di ruang kerjanya, pada Jum’at, 03/02/2023, Reny Dewi Rafia plt. Kadis Tanaman Pangan Horikultura dan Perkebunan Tubaba menjelaskan hal tersebut. Dirinya juga menambahkan, program yang saat ini sedang berjalan merupakan salah satu program unggulan Tubaba yaitu program nenemo mandiri pangan. 

“Program nenemo mandiri pangan yang merupakan 3K+ 1W (Kebun, Kolam, Kandang, dan Wisata), merupakan program dari ibu Zaidirina pj bupati Tubaba yang memang sudah lama dijalakan oleh dinas terkait yang erat dengan program itu, yaitu dinas tanaman pangan holikultura dan perkebunan, dinas perikanan, dinas peternakan, serta ditambah satu lagi dinas pariwisata “Jelasnya. 

Berbagai upaya dan usaha telah dilakukan pihaknya untuk mensukseskan program tersebut, diantaranya telah mengerakan serta memberdayakan para KWT (Kelompok Wanita Tani), dan kelompok Dasawisma. Serta tak hanya itu, dirinya juga meminta kepada para penyuluh pertanian pada tingkat kecamatan untuk dapat bekerja maksimal agar program mandiri nenemo pangan dapat sukses dan berjalan dengan baik. 

“Saya berharap sekaligus mengajak kepada para penyuluh pertanian yang ada di lapangan jangan pernah merasa lelah untuk berbuat kepada masyarakat. Begitu pula sebaliknya masyarakat Tubaba jangan bosan-bosan mendengarkan pembinaan serta ikut pembinaan. Tujuan dan manfaatnya untuk kepentingan kesejahtraan bersama, dan kemajuan masyarakat Tubaba “Harapnya. 

*ARIPIN*

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *