Kadis Kesehatan Tubaba Majril waspada Bahaya El-Nino Bagi Kesehatan

Bagikan Artikel

Kadis kesehatan Tubaba Majril waspada Bahaya El-Nino Bagi Kesehatan

Tubaba–
Rabu-1-11-2023
MediaFaktualHukum.Com.
Majril, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengingatkan kepada masyarakat supaya waspada potensi bahaya Elnino bagi kesehatan.

Fenomena alam ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah, termasuk di Indonesia, sehingga terjadi peningkatan suhu, akibat polusi udara seperti asap debu dari pembakaran lahan, dan kekeringan tanah.

“Adapun penyakit yang dialami seperti peningkatan penyakit paru, peningkatan penyakit menular akibat kekurangan air bersih (water born disease) seperti diare/ muntaber, kekurangan gizi atau malnutrisi akibat kekurangan makanan karena menurunnya ketersediaan pangan (banyaknya tanaman yang mati), menurunnya kemampuan daya beli masyarakat terhadap pangan dan potensi kenaikan harga pangan,,” tuturnya.

“Menurunnya akses masyarakat ke fasilitas pelayanan kesehatan akibat menurunnya ekonomi maupun akibat cuaca yang panas, kemudian peningkatan dampak psikososial/ kejiwaan akibat cuaca panas (heat stres), menurunnya kemampuan ekonomi dan banyaknya potensi penyakit, dan terakhir point Resiko cidera bahkan kematian akibat bencana seperti kebakaran (hutan, lahan perkebunan, perumahan),” tambahnya.

Majril menekankan kepada seluruh jajaran dibawahnya Puskesmas dan rumah sakit supaya siaga selalu dalam mengantisipasi potensi elnino.

“Puskesmas dan rumah sakit untuk mengantisipasi potensi berbagai bahaya elnino bagi kesehatan dengan melakukan: mitigasi dan antisipasi, kesiapsiagaan personil, kesiapan kendaraan (ambulance dan pusling), kecukupan stok obat, melakukan penyuluhan kesehatan dan berbagai upaya lainnya untuk meminimalisir dampak elnino ini bagi kesehatan,” ucap Majril.

Ia juga menegaskan kepada seluruh kabid, seluruh Ka. UPTD, seluruh ASN di lingkup diskes dan Puskesmas untuk bekerja secara maksimal melakukan pemetaan potensi bencana dan potensi penyakit di wilayahnya masing-masing.

Lebih lanjut, ia menyampaikan terkait cukupnya stok obat-obatan dan bahan medis lainnya, kesiapan dan ketersediaan tenaga, kendaraan R-4 dan sarana lainnya seperti Puskesmas yang tersebar merata di seluruh Tubaba.

‚ÄúDengan potensi kesehatan yang cukup memadai ini, mudah-mudahan semua dampak buruk elnino bagi kesehatan, bisa kita antisipasi secara maksimal. Bagi masyarakat Tubaba jaga selalu kesehatan dengan cara pola hidup sehat,” ucapnya.

***RM***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *