Bagikan Artikel

Kantor Daerah DPD RI Provinsi Lampung Menyelenggarakan Kegiatan Grand Finalis Lomba Baca Puisi

MediaFaktualHukum.com Bandar Lampung — Kantor Daerah DPD RI Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Grand Finalis Lomba Baca Puisi. (19 November 2022), di Kantor Daerah DPD RI.

Acara ini adalah rangkaian dari Hut DPD RI ke 18 dan Memperingati hari pahlawan tahun 2022.
Dihadiri oleh 90 penonton dari penjuru lembaga sampai mahasiswa seluruh lampung,
Dalam acara kali ini di meriahkan juga oleh Orkes Ba’da Isya dari UKMBS UNILA.

Grand Finalis ini tahapan terakhir yang di mulai dari bulan September melalui Online diikuti sebanyak 83 Peserta tahap awal, terpilih 10 peserta masuk tahap grand final.

Kepala Kantor Daerah DPD RI Gino Vanolie mengatakan, “DPD RI Provinsi Lampung memilih menggelar lomba baca puisi, karena puisi di kalangan anak muda masih sangat populer digandrungi. Sekaligus kami juga perlu sosialisi kepada masyarakat untuk mengenalkan DPD RI Lampung, khususnya kepada mahasiswa dan pelajar. Kami juga ingin DPD lebih dikenal dan lebih dekat dengan masyarakat. Maka kami ikut terlibat dalam upaya literasi ini untuk membangun peradaban di masyarakat. Karena literisi tidak hanya soal membaca saja, tapi memaknai teks, dalam hal ini puisi.” ujar Gino

Dalam pergelaran acara ini hadir Anggota Dewan DPD RI dapil Lampung KH. Abdul Hakim, M.M., sekaligus membuka acara.

Selain anggota turut hadir Sekertaris Jenderal DPD RI Bapak DR. Rahman Hadi, M.Si. , Dewan Kesenian Lampung, Dinas Perpustakaan, kantor Bahasa Perwakilan Lampung, Musisi, dan universitas yg tersebar di seluruh Lampung.

Hasil dari keputusan Dewan Juri. Iin Zakaria, Edy Samodra Kertagama, Ari Pahala Hutabarat. memutuskan juara peserta granfinalis sbb:

Pemenang Lomba Baca Puisi DPD RU Provinsi Lampung.
Juara 1 dengan nilai 278 diraih oleh 08 – Nurdiyanah (IAI An-Nur Lampung). Mendapat hadiah Rp. 1.500.000,-
Juara 2 dengan nilai 260 direbut nomer urut 05 – Rayhan Bagazi (SMAN 2 Negeri Katon)
Mendapat hadiah Rp. 1.000.000,-
Juara 3 dengan nilai 250 disabet nomor peserta 02 – Zebua Trizga Ramadhona
(SMAN 1 Terusan Nunyai)
Mendapat hadiah Rp. 500.000,-

Tanggapan dari Anggota Dewan DPD RI Provinsi Lampung.

Kami mengambil inisiatif menyelenggarakan lomba baca puisi ini karena :

“Menyadari sebagai lembaga baru yang lahir 18 tahun yang lalu dalam sistem ketetanegaraan kita, Lembaga DPD RI belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat. Perlu sosialisasi yang terus menerus dan konsisten.

    1. Kita mengambil segmen Pelajar dan Mahasiswa, karena dikalangan inilah proporsi jumlah penduduk kita luar biasa. Kaum milenial adalah generasi muda bangsa yang mesti mengenal, mengetahui dan memahami realitas bangsa ini. Kita berharap generasi muda bangsa menjadi generasi yang kokoh dan berkarakter.

    1. Budaya literasi bangsa kita secara umum masih rendah, oleh karenanya upaya membangun literasi di masyarakat dalam bidang apapun menjadi penting dan strategis. Sehingga kita bisa berharap, kedepan masyarakat menjadi lebih cerdas dan berkemajuan.

    1. Kita ingin ikut terlibat dalam membangun ruang dialog, ruang ekspresi dan kreativitas yang lebih inten di provinsi Lampung, dengan harapan mampu mempercepat kebermajuan daerah Anggota DPD Dapil Lampung mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, dengan suport yang konkrit. Disampaikan kepada Kepala Kantor suport yang diberikan oleh beliau beliau baik moril maupun materiil.

SelainbAbdul Hakim, yang hadir langsung, Bustami juga menyampaikan salam hormat untuk semua finalis dan tamu undangan. Beliau tidak bisa hadir karena bersamaan ada kegiatan di Way Kanan.

Begitu juga dengan Jihan Nurlela, Beliau sangat suport, mengapresiasi dan membantu kegiatan ini. Beliau berhalangan hadir karena saat ini ada kegiatan di Provinsi Bali.

Begitu juga dengan Bapak Ahmad Bastian, Beliau menyampaikan pesan mendukung kegiatan ini, hanya saja belum bisa hadir karena ada kegiatan yang bersamaan.

Ke depan anggota DPD RI Dapil Lampung selalu berkomitmen untuk mensuport inisiatif inisiatif kegiatan yang produktif dan positif yang diinisiasi oleh Kantor DPD RI Provinsi Lampung maupun Mitra stakeholder lainnya. (Egi Pratama)