KEMENHUB Batasi Usia Kapal Maksimal 25 Tahun

Bagikan Artikel

MediaFaktualhukum.com – Kementerian Perhubungan (KEMENHUB) akan meneruskan kebijakan pembatasan usia kapal maksimal 25 tahun. “Namun pelaksanaanya tidak kaku” kata Direktorat Jenderal Perhubungan Laut H. Harijogi menjawab pers di jakarta, senin.

Ditegaskannya eksekusi dari kebijakan tersebut nantinya juga memperhatikan kondisi dan perawatan kapal. “Artinya, kapal yang sudah menapai batas maksimal akan diperikasi menyeluruh terlebih dahulu. Jika pemeriksaan menunjukan bahwa kondisi kapal masih bagus, maka kapal tetap diperbolehkan beroperasi,” Katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya jika sudah tidak bagus sudah pasti akan dilarang karena hal itu justru dapat berbahaya. Ditembahkannya, rencana tersebut belum menjadi sebuah keputusan karena masih dalam tahap pengkajian. Batasan usia itu rencananya juga hanya untuk kapal penumpang saja dan tak berlaku untuk kapal barang.

Pemerintahan berencana membatasi usaia kapal, satu paket dengan rencana revisi batas maksimal usia pesawat udara. Rencana ini menyusul kecelakaan transprtasi yang beruntun belakangan ini.

Asosiasi pemilik kapal nasional atau Indonesia Nasional Shipowner Association (INSA) menolak rencana pembatasan usia kapal tersebut. Pembatasan usia kapal dikhawatirkan akan menghambat pengusaha nasional untuk melakukan investasi kapal baru. Usia kapal juga dinilai tidak terkait dengan kecelakaan. Namun, Harijogi mengakui, usia kapal memang hanya terkait labgsung dengan kinerja kapal mencakup aspek mesin, kecepatan dan pemakaian bahan bakar.

Adapun kelaiklautan kapal yang sangat menentukan aspek keselamatan lebih terkait dengan perawatan kapal. “Tapi kita juga tau perawatan kapal di Indonesia masih amburadul”. Pungkas Harijogi

Baca juga berita lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *