Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Warga RT. 04 Rajabasa Jaya Gelar Berbagai Lomba

Bagikan Artikel

Bandar Lampung, MediaFaktualHukum.com — Tanggal 17 Agustus 1945 ketika naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia dibacakan oleh para Proklamator atas nama rakyat Indonesia adalah saat paling bersejarah serta hari sakral dalam perjalanan bangsa Indonesia yang selalu diperingati setiap tahunnnya di seluruh penjuru negeri.

Berbagai macam cara dilakukan masyarakat untuk menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa, raga dalam berjuang merebut kemerdekaan dan mematahkan belenggu penjajahan terhadap ibu pertiwi.

Memaknai hal tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023, warga RT.04, Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa tak mau kalah turut ambil bagian dalam kemeriahan Peringatan HUT RI ke-78 dengan menggelar berbagai lomba khas HUT kemerdekaan, salah satunya lomba kartu gaple berpasangan yang disambut antusias warga RT.04 dan sekitarnya, di lapangan setempat, Senin malam, 14 Agustus 2023.

Kegiatan yang sepenuhnya diprakarsai dan didanai oleh Murbay Konfeksi serta didukung Bidang Pemberdayaan Ekonomi Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) Provinsi Lampung, berlangsung semarak dan meriah, penuh dengan gelak tawa serta dilingkupi suasana kekeluargaan yang kental.

Ketika diminta keterangan terkait hal tersebut owner Murbay Konfeksi, Aswan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan semata-mata sebagai bentuk cinta tanah air dan wujud rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia 78 tahun silam.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Murbay Konfeksi untuk memberikan manfaat untuk warga sekitar tempat usaha. Selain itu, sebagai ajang untuk makin mempererat jalinan silaturahmi antar warga dan yang lebih penting lagi, kembali menggugah serta membangkitkan, rasa nasionalisme dan memperkokoh persatuan serta kesatuan. Dengan demikian diharapkan masyarakat khususnya generasi penerus bangsa akan sulit terpapar paham-paham radikalisme yang berpotensi memecah belas bangsa,” ujar Aswan yang juga Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi DPD SPRI Provinsi Lampung.

Hal senada juga disampaikan Ketua RT.04, Jamaludin. Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Murbay Konfeksi yang telah memprakarsai, mendanai, dan menggelar lomba kartu gaple berpasangan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023.
“Atas nama warga, saya mengucapkan terima kasih kepada Murbay Konfeksi yang telah menggelar kegiatan ini setelah beberapa tahun berselang tidak dapat dilaksanakan karena pandemi covid 19. Saya berharap ke depan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI, semakin semarak dan dapat lebih baik lagi,” kata dia, yang didampingi pelaksana kegiatan, Amir.

Lomba yang diikuti 16 tim dilaksanakan tanggal 14-16 Agustus 2023 memperebutkan hadiah uang tunai, kaos exclusive dan piagam pernghargaan dari Bidang Pemberdayaan Ekonomi DPD SPRI Lampung, berjalan dengan semarak serta meriah ditingkahi senda gurau penuh keakraban peserta dan warga yang turut memadati lokasi lomba.

Ada hal menarik yang menyita perhatian, diantara peserta yang relatif muda terlihat turut bertanding salah seorang warga yang sudah berusia 80 tahun dengan cekatan memainkan kartu gaple ditangannya, Abah Kasman begitu beliau biasa dipanggil, seolah memberikan pembelajar kepada semua yang hadir bagaimana memaknai dan mencintai tanah air serta me-syukuri nikmat kemerdekaan yang di anugerahkan Allah SWT.
Ditempat yang sama, Lurah Kelurahan Rajabasa Jaya, Sumarno, S.Ip mengatakan, bahwa dirinya mendukung dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berupaya sekuat tenaga untuk memeriahkan HUT ke-78 RI di wilayahnya.

“Sebagai lurah, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para ketua RT, kepala lingkungan, warga masyarakat dan Murbay Konfeksi yang tetap semangat untuk memeriahkan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di tengah-tengah keterbatasan, semoga jalinan silaturahmi dengan digelarnya kegiatan ini semakin erat dan terjaga,” ujar lurah Sumarno yang didampingi Babhinkamtibmas setepat. **Red**

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *