Bagikan Artikel
Pemerintah Provinsi Lampung Melakukan Tes Urine
sumber ( Sutarman ), Foto para eselon II dan petinggi pratama lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung

mediafaktualhukum.com – Bandar Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung melakukan tes urine usai mengikuti upacara peringatan hari Sumpah Pemuda KE-94 tahun 2022 di lapangan Korpri kantor Gubernur Provinsi Lampung. Segenap Eselon II dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung melakukan tes urine, Di ruang Abung Balai Keratun. Jumat (28/10/22).

Pelaksana Tugas (PLT) koordinator bagian Pencegahan dan Pemberdayaan Masyrakat (P2M) Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung Ari Kurniawan, S.Si, M.A. Mengatakan bahwa “kegiatan ini menindak-lanjuti perintah Gubernur atas antisipasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Lampung bebas dari narkotika”.

“Selain perintah dari Gubernur Provinsi Lampung kegiatan ini juga sesuai dengan Instruksi Presiden (INPRES). Tentang rencana aksi nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika tahun 2020-2024,” ujar Ari Kurniawan.

Sekretaris daerah Provinsi Lampung Fahrizal pada kegiatan tersebut menjadi orang pertama yang melakukan test urine. Kemudian di ikuti oleh kepala Otoritas Pemerintah Daerah (OPD) lainnya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Adapun alat tes yang di gunakan yaitu rapid test 7 (tujuh) parameter untuk mendeteksi : Amphetamine (AMP), Methamphetamine (MET), Morpin (MOP), THC/Marijuana, Cocain (COC), Benzoidazepin (BZO) dan Carisoprodol (SOMA).

Dari hasil pengetesan tersebut, Badan Narkotika Nasional Provinsi Lampung melaporkan kepada sekretaris daerah provinsi Lampung Fahrizal Darminto. Bahwa seluruh eselon II dan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Provinsi Lampung. Di nyatakan Negatif dari berbagai zat yang termasuk kedalam narkoba.

“Hal ini di lakukan sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Lampung untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung,” pungkas Sekertaris Daerah (Sekda).

(Sutarman)