Pemerintah Tiyuh Karta Raya TBU Manpaatkan DD pertama Untuk Ketahan Pangan

Bagikan Artikel

Pemerintah Tiyuh Karta Raya TBU, Manfaatkan DD Pertama Untuk Ketahanan Pangan

Tubaba Tbu –
Diterbitkan.02-04-2024.
MediaFaktualHukum.Com.
Pemerintah Tiyuh Karta Raya, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggulirkan program Ketahanan Pangan bagi masyarakatnya yang digelontarkan dengan berbagai kegiatan yang didanai menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh (APBT) tahun 2024.

Pj.Kepalo Tiyuh Karta Raya Rita Utari, mengungkapkan program Ketahanan Pangan yang digulirkan Pemerintah Tiyuh pada tahun 2024 semuanya bersumber dari Dana Desa yang telah disusun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh (APBT) tahun 2024.

Berbagai kegiatan yang masuk dalam program Ketahanan Pangan tersebut yakni penyerahan bibit-bibit tanaman berupa terong, jagung cabe dan kangkung. Selain untuk pembibitan ikan, peternakan dan BLT untuk 16 orang KPM Keluarga Penerima Manfaat yang tersebar di seluruh RK Tiyuh setempat.

“Semua program Ketahanan Pangan yang kita gulirkan sejalan dengan program Pemkab Tubaba yang kita kenal dengan program K3 dan 1W (Kolam, Kandang, Kebun Dan Wisata). Alhamdulillah beberapa program hasilnya sudah dinikmati oleh masyarakat seperti hasil tanaman sayuran,” kata Rita di ruwang kerjanya.pada
Hari Selasa.02-04-2024.

Dia menjelaskan untuk program bibit sayuran yang dibagikan ke masyarakat, semuanya berbentuk benih (biji) yang dimaksudkan benih tersebut bisa ditanam oleh masyarakat secara bertahap.

Dalam pemulihan ekonomi, Tiyuh Karta Raya kecamatan Tulang Bawang Udik yang dialokasikan dari dana desa 20 persen yaitu program ketahanan pangan. Yang mana ini adalah kali pertamanya Tiyuh Karta Raya mendapatkan Kucuran Dana Desa semenjak sudah di tetapkan sebagai tiyuh definitif pada Juli 2022.

“20 persen ketahanan pangan kita alokasikan untuk pembelian bibit Jagung,Kacang tanah,Terong, dan semuanya ini dikerjakan aparatur Tiyuh,pak Rt dan di dampingi oleh penyuluh pertanian dari Kabupaten setempat,” ungkapnya.

Dari pantauan awak media yang langsung turun ke lapangan bersama Pj Kepalou tiyuh, aparatur tiyuh dan penyuluh pertanian untuk mengecek program 3K Tiyuh Karta Raya, cukup bagus dan patut di Apresiasi.

***ARP***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *