Pemkab Tubaba Optimis Naik 2 Peringkat KLA

Bagikan Artikel

Tulang Bawang Barat, MediaFaktualHukum.com — Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat, (Tubaba) Lampung, optimis naik 2 peringkat dalam capaian predikat atau penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA).

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Tubaba, Munyati, melalui Sekretarisnya Dr.Wita, usai Rapat Konvensi Hak Anak dan Rapat Gugus Tugas KLA di ruang rapat Bupati setempat, Senin (29/05/2023).

Menurunnya, Tahun 2022 lalu kita berada di posisi Pratama dan apabila hasil verifikasi dari kementerian layak, maka Tubaba akan mendapatkan predikat Nindya.

“Tahun ini kita optimis naik peringkat, dari yang sebelumnya Pratama ke Nindya. Yang mana berdasar penilaian mandiri dan hasil verifikasi KLA Provinsi Tahun 2023 sejauh ini kita berhasil mendapat poin 720,23, sehingga kita berharap dapat mempertahankan poin penilaian tersebut hingga Verifikasi Final nantinya oleh Provinsi dan Pusat,” uangkap Dr.Wita.

Dirinya juga memeragakan, untuk mencapai predikat KLA bukan hanya tugas DPPPA saja, akan tetapi semua stakeholder juga turut berperan aktif.

“Misalnya pemenuhan dokumen kependudukan anak sebagai bagian dari hak anak itu menjadi tugas dan tanggung jawab Disdukcapil, penyediaan layanan Puskesmas Ramah Anak menjadi peran Dinas Kesehatan, dan pendidikan ramah anak ini merupakan tugas dari Dinas pendidikan,”ujarnya

Sementara itu, disampaikan Analis Jabatan Fungsional DPPPA Provinsi Lampung, Nella, bahwa Tim dari Kementerian dan Provinsi akan segera melakukan Verifikasi Lapangan secara Hybrid (VLH) dalam lanjutan tahapan penilaian KLA Tahun 2023.

Sejauh ini Tubaba memang berhasil mencapai predikat Nindya dari hasil penilaian. Namun, ini masih hasil Verifikasi Administrasi oleh Provinsi, dan akan dilakukan Verifikasi lagi oleh Kementerian pada tanggal 5 Juni untuk Verifikasi Lapangan secara Hybrid.

Direncanakan, untuk pengumuman dan pemberian penghargaan predikat KLA akan dilaksanakan bersamaan dengan Hari Anak pada tanggal 23 Juli mendatang.

“Untuk diketahui, adapun peringkat capaian penilaian dalam KLA adalah Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA. Kita harap Tubaba dapat mempertahankan poinnya dan berhasil meraih Nindya tahun ini, sehingga tentunya ini menjadi capaian besar karena mengingat Tubaba masih di posisi Pratama dalam KLA,”tuturnya

Dirinya juga menambahkan, sebenarnya dalam KLA ini lebih ke arah penyelenggaraan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, serta bagaimana Kabupaten Tubaba dalam menyikapi serta menyelesaikan kasus-kasus kekerasan yang terjadi pada anak ujarnya.

RM

Baca Juga Berita Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *