Pemudik Sepeda Motor Padati Pelabuhan Bakauheni H-4 Lebaran

Bagikan Artikel

Lamoung Selatan, MediaFaktualHukum.com — Memasuki H-4 lebaran, pemudik menggunakan kendaraan sepeda motor asal Pulau Jawa, mulai padati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Selasa (18/4/2023) pagi hari.

Pantauan lampungterkini.id, pemudik sepeda motor ini terlihat saling berdesakan ketika keluar dari Kapal Ferry yang mengangkutnya berlayar dari Pelabuhan Merak dan sandar di dermaga 3 dan 6 reguler Pelabuhan Bakauheni.

Para pemudik sepeda motor asal Pulau Jawa ini, memadati Pelabuhan Bakauheni selama satu setengah jam yakni mulai pukul 04.00 WIB hingga 05.30 WIB, Selasa (18/4) pagi hari.

Meski terjadi kepadatan lantaran bersamaan ingin keluar dari dalam dek kapal, namun tidak menimbulkan antrean sehingga kepadatan itu cepat terurai dan berlanjalan lancar.

Para pemudik tersebut, terlihat ada berkendara sendiri tapi membawa barang bawaan cukup banyak, lalu ada juga berboncengan dengan istri dan anaknya juga membawa barang bawaan. Mereka, hendak melanjutkan perjalanannya menuju ke kampung halamannya di berbagai wilayah di Sumatera.

Selain ribuan pemudik sepeda motor, terpantau ramai juga pemudik pejalan kaki, dalam kendaran serta kendaraan roda empat pribadi dan bus asal Pulau Jawa tiba di Pelabuhan Bakauheni.

Salah seorang pemudik sepeda motor, Kiswanto (40) yang menepikan sepeda motornya di kantong parkir Pelabuhan Bakauheni untuk beristirahat sejenak kepada lampung menuturkan, bahwa perjalanan mudik lebaran tahun ini dari Pelabuhan Ciwandan menuju Bakauheni, sampai saat ini terbilang lancar dan nyaman.

“Kalau perjalanan, alhamdulillah lancar tidak ada kemacetan saat di Pelabuhan Ciwandan,” kata Kiswanto, Selasa (18/4/2023).

Ia mengatakan, memilih mudik lebih awal bersama keluarga pada H-4 lebaran ini, tidak lain untuk menghindari kemacetan saat di perjalanan.

“Mudik lebih awal, supaya nggak kena kemacetan di jalan. Saya dan keluarga dari Depok mau mudik ke Tulang Bawang. Mudik lebaran tahun ini, lebih baik dibandingkan tahun tahun 2022 lalu.”kata dia.

Sementara pemudik sepeda motor lainnya dari Jakarta, Ardi (25) mengatakan, perjalanan dari tempat tinggalnya di Jakarta sampai di Pelabuhan Bakauheni ini sekitar lima jam. Kalau untuk waktu perjalanan penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan menuju ke Bakauheni, kurang lebih tiga hingga empat jam lamanya.

“Perjalanan aman, hanya agak sedikit lama tadi perjalanan berlayar di kapalnya sekitar 3 hingga 4 jam sampai disini (Bakauheni). Saya mau pulang kampung ke Lampung Tengah,”kata Ardi.

Ardi pun mengatakan, perjalanan mudik lebaran tahun ini, khusnya untuk kendaraan roda dua memang dialihkan ke pelabuhan Ciwandan, Merak menuju ke Pelabuhan Bakauheni.

“Kalau enaknya sih ya enakan sekarang mas, karena di Pelabuhan Ciwandan tidak kena macet lagi di pelabuhannya seperti mudik lebaran tahun 2022 lalu,”ucapnya. **Red**

Baca juga berita lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *