Pj.Bupati Tubaba Hadiri Acara Pembukaan Bimorg dan bimtek Radio penduduk Indonesia

Bagikan Artikel

Pj. Bupati Tubaba Secara Resmi Membuka Bimorg dan Bimtek Radio Antar Penduduk Indonesia

Tubaba —
Rabu.*-20-09-2023.
MediaFaktualHukum.Com.
Ditandai dengan pemukulan Gong Penjabat (PJ) Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, M. Si. resmi membuka Bimbingan Organisasi dan Bimbingan Teknis (Bimorg & Bimtek) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 13 Tubaba, di Balai Tiyuh Tirta Makmur, Rabu (20/9/2023).

Dalam sambutannya, M. Firsada antara lain mengharapkan Bimorg dan Bimtek Rapi sangat diperlukan oleh anggota  RAPI, karena dalam berkomunikasi menggunakan frequensi radio dan  terjadi komunikasi dua arah, penyampai informasi dan penerima informasi.

“RAPI ini memang perlu Bimbingan organisasi dan bimbingan teknis, karena dalam berkomunikasi, RAPI memanfaatkan frequensi radio dan terjadi komunikasi dua arah sehingga penyampai informasi suaranya harus benar-benar jelas,” kata M. Firsada.

Setelah diberikan Bimbingan Organisasi dan bimbingan teknis, diharapkan anggota rapi bisa berkomunikasi dengan baik dan jelas.

Pada bagian lain, M. Firsada juga berpesan, RAPI harus adaptif dan  jangan memposisikan sebagai organisasi yang ekslusif, namun harus inklusif.

“Kalau eksklusif, merasa yang paling kuat sehingga menyendiri dan tidak mau mengakui keberadaan organisasi sejenisnya, namun kalau inklusif, RAPI membaur dengan organisasi sejenis dan masyarakat,” Ucap Pj Bupati

Sementara sebelumnya, Ketua RAPI Wilayah 13 Tubaba Achmad Nazarudin, S.I.P., M.I.P. mengatakan, kegiatan bimbingan organisasi dan bimbingan teknis ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri komunikasi dan Informatika nomor 17 tahun 2018 tentang kegiatan amatir radio dan komunikasi antar penduduk, Anggaran dasar / Anggaran rumah tangga (AD/ARt) RAPI pasal 36 ayat, 3 serta peraturan organisasi nomor 1 tahun 2020 tentang pedoman pembinaan pimpinan organisasi bimbingan teknis dan pelatihan.

“Kegiatan bimbingan organisasi ini dimaksudkan untuk melaksanakan pimpinan kepada calon anggota RAPI dan anggota RAPI dalam rangka memberikan pemahaman terkait dengan aturan hukum serta kegiatan-kegiatan yang terkait dengan organisasi RAPI,” terang Camat Tulang Bawang Tengah ini.

Achmad Nazarudin, melanjutkan, tujuan dan sasaran dan kegiatan bimbingan organisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam anggota dan anggota RAPI.

Untuk materi Bimorg, memberikan pengetahuan dan mengenai peraturan perundang-undangan serta peraturan pemerintah yang terkait dengan telekomunikasi dan organisasi masyarakat. Serta mengenalkan organisasi RAPI yang berkualitas sebagai aset nasional.

Disamping itu, Bimorg dan Bimtek juga untuk memberikan pedoman dan tata cara dalam berkomunikasi radio serta
pembangunan telekomunikasi yang tepat guna.

“Sedang peserta kegiatan ini, beberapa organisasi tehnis yang ada di Tubaba untuk bersama-sama dengan RAPI, bagaimana melaksanakan tugas-tugas kita di Kabupaten Tulang Bawang Barat.”

Hadir pada kegiatan tersebut Pj Bupati, Camat Tulangbawang Tengah, Kadis Kominfo, anggota TNI, Polri serta seluruh anggota Rapi dan tamu undangan terkait ucapnya.

***RM***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *