Plt Kadis Kesbangpol Tulang Bawang Barat Hadiri Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS.

Bagikan Artikel

Plt Kadis Kesbangpol Tulang Bawang Barat Hadiri Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS.

Tulang Bawang Barat-
Diterbitkan.
MediaFaktualHukum.Com.
Plt Kadis Kesbangpol Tulang Bawang Barat bersama setap kesbang pol dan Puluhan personel Polsek Gunung Agung, Polres Tulang Bawang Barat, turut serta dalam Simulasi Pemungutan Suara di TPS menjelang pemilihan umum. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KPU dan dihadiri oleh Pemerintah Daerah plt kesbangpol Mubarok Daud serta perwakilan dari masing-masing partai. Simulasi tersebut dilaksanakan di Lapangan Tiyuh Mulya Sari Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat pada, Selasa.30-01-2024.

Hadir dalam giat simulasi tersebut yaitu Ketua KPU Provinsi Lampung (Erwan Gustami), Ketua KPU Tulang Bawang Barat (Yudi Agusman), plt Kadis Kesbangpol Kab Tulang Bawang Barat (Mubarok Daud), Dandim 0412 Lampung Utara (Diwakili Serka Andi Bintarwan) Kapolres Tulang Bawang Barat (Diwakili Wakapolres Tulang Bawang Barat, Kompol Heru Sulistyananto,S.H.,M.H ), Kejari Tulang Bawang Barat ( Diwakili Yan Bastian Simalango,S.H), Ketua Bawaslu Kab Tulang Bawang Barat (Diwakili Ceccep Ramdhani), Kapolsek Gunung Agung (Iptu Irwan Susanto,SE.MM), Camat Gunung Agung Tubaba (Diwakili Sekcam Dewanto), Arya Saputra,SE (Perwakilan DPC Partai Gerindra), Roni,S.I.P (Perwakilan DPC Partai Hanura), Kepalo Tiyuh Mulya Sari (Muhammad Jainuri) dan PPK Se-Kab Tulang Bawang Barat.

Ketua KPU Tulang Bawang Barat (Yudi Agusman) yang memimpin simulasi, menjelaskan bahwa pada hari pemilihan, pemilih wajib membawa KTP dan formulir C pemberitahuan, bukan sebagai tiket masuk ke bilik suara. Jika tanpa KTP, ketua KPPS memiliki kewenangan untuk meminta pemilih pulang mengambil KTP.

Plt kesbangpol Tulang Bawang Barat mengungkapkan, simulasi pengamanan TPS ini bagian dari persiapan dan pembekalan kepada Bawaslu panwascam dan anggota TPS Tulang Bawang Barat, yang nantinya bertugas dalam pengamanan TPS, saat pemungutan suara Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Giat simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) ini dilakukan. Karena, ini perlu diketahui bersama, juga sebagai latihan dan pedoman kita untuk mengetahui apa-apa saja yang semestinya kita lakukan dalam kegiatan pengamanan pemilu nanti,” kata plt Kadis Kesbangpol mubarok yang menghadiri simulasi TPS Tulang Bawang Barat
Rabu. 30-1-2024.

Dalam pengamanan TPS, kata mubarok Daud harus punya pemahaman yang benar, terhadap kewajiban dan larangan bagi petugas pengamanan. Lebih dari itu, setiap TPS memiliki kondisi dan dinamika yang berbeda-beda, yang perlu diantisipasi.

“Dengan latihan ini, diharapkan bawaslu lebih siap menghadapi kendala-kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pemilu,” tandas Mubarok

Ia juga meminta Bawaslu panwascam nantinya bisa mempraktikkan hal serupa di tempat pemilihan masing-masing, atau bahkan di titik-titik lokasi TPS dalam wilayah pengamanannya.

“Sehingga, nanti rekan-rekan anggota panwaslu panwascam juga memiliki pemahaman yang lebih baik,” ujarnya.

Selain harus memahami tugas pokoknya,juga berpesan kepada seluruh anggota TPS yang akan terlibat dalam pengamanan TPS, agar melaksanakan pengamanan dengan sungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab.

Pihaknya berharap, program-program kepolisian yang telah dilaksanakan bisa menjadi kunci keberhasilan dalam mengamankan semua tahapan Pemilu, juga menjamin keamanan Kabupaten Tulang Bawang Barat, hingga puncaknya pada 14 Februari 2024 nanti.

***ARP***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *