SMK PELITA BAHARI BITUNG MENDAPAT SERTIFIKAT PENGESAHAN ANT IV DAN ATT IV DARI DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT (DITJENHUBLA)

Bagikan Artikel

Bitung, Mediafaktualhukum.com – SMK Pelita Bahari Bitung yang terletak di Jalan Dumais, Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Sulawesi Utara dengan Kepala Sekolah Bapak Revlita J.W. Mandagi, SE, MAP. berada di bawah naungan Yayasan Pelita Bahari Sukses Bitung dengan Pembina Yayasan Pendiri Dra. Baby Palar, S.H., MAP., telah mendapatkan sertifikat pengesahan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Cq. Direktorat Perkapalan dan Kepelautan untuk program diklat The Deck Officer Class IV / Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV) berdasarkan sertifikat pengesahan No. SM.401/1/3/DK/2023 dan The Egineer Officer Class IV / Ahli Teknika Tingkat IV (ATT IV) berdasarkan sertifikat pengesahan No. SM.401/1/4/DK/2023. Kedua sertifikat tersebut diterbitkan pada tanggal 20 Oktber 2022 dan berlaku sampai dengan tanggal 19 Oktober 2027 yang ditanda tangani oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Bapak H. Ahmad Wahid, S.T.,  M.T., M.Mar. E., serta  harus divalidasi setiap tahun dengan melakukan audit tahunan.

SMK Pelita Bahari Bitung dilengkapi dengan peralatan-peralatan praktek untuk siswa-siswi, seperti simulator dalam anjungan kapal dan simulator crane untuk kegiatan bongkar/muat kargo di palka kapal.

Simulator Crane untuk bongkar/muat kargo dalam palka

Sejak tahun 2007 sampai tahun 2022 telah meluluskan sebanyak kurang lebih 500 siswa-siswi, dengan jumlah 140 siswa-siswi saat ini dan jumlah penerima beasiswa sebanyak 20 siswa-siswi. Untuk itu sangat diharapkan sekali dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Bitung dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan pasal 31 UUD 45, khususnya dalam mengembangkan sumber daya manusia yang handal dalam bidang maritim karena Negara Republik Indonesia sebagai salah satu negara Maritim yang terbesar.

Lulusan dari SMK Pelita Bahari Bitung dibekali dengan sertifikat kompetensi ANT IV atau ATT IV untuk bekerja sebagai perwira kapal niaga domestik maupun kapal niaga bendera asing, baik di dalam negeri maupun di luar negeri

Pada bulan Desember 2022, SMK Pelita Bahari Bitung mendapat kehormatan dengan kedatangan tamu dari U.S. Departement Of Labor (DOL) – Bureau Of International Labor Affairs, Ms. Angie Peltzer sebagai Division Chief (She/her/hers) Asia, Middle East Europe (AME), Technical Assistance Cooperation, Office of Child Labor, Forced Labor and Human Trafficking beralamat di 200 Constitution Ave., NW, Room S-5315. Washington, DC 20210, USA
**Reinhart**

Baca juga berita lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *