Tokoh Masyarakat Menilai Hasil Kinerja PJ.Bupati Tubaba Sangat Baik

Bagikan Artikel

Tokoh Masyarakat Menilai Hasil Kinerja Pj. Bupati Tubaba Sangat Baik

Panaragan Tubaba.
Diterbitkan.
MediaFaktualHukum.Com.
Ketua Federasi Adat Marga Empat (Mego Pak) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Hi. Herman Artha menilai hasil kinerja Penjabat (Pj.) Bupati Tubaba M. Firsada sangat baik dan layak diperpanjang.

Menurut dia, meskipun belum satu tahun memimpin, Firsada telah banyak mencapai prestasi, baik ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional.

“Kami dari kalangan tokoh masyarakat menilai kinerja pak Firsada sangat baik. Selain melakukan penataan dan pembinaan di internal, Ia juga mampu merangku semua kalangan termasuk dari unsur tokoh masyarakat di empat marga di Tubaba,”ujarnya, kepada Awak media saat ditemui di sekretariat Federasi Marga Empat Tubaba, Sabtu (6/4/2024).

Tokoh pemekeran sekaligus ketua Pemekaran Kabupaten Tubaba ini mengatakan capaian yang telah didapat Firsada adalah menyukseskan pemilu 2024, termasuk menyiapkan tahapan dan anggaran pilkada serta meletakan sejumlah pondasi pembangunan di Tubaba.

“Menilai berhasil atau tidaknya pemimpin itu jangan hanya dinilai dari adanya titik jalan rusak dan naiknya harga beras. Tapi, juga harus dilakukan penilaian dari semua aspek,”ujar mantan pimpinan DPRD Tulangbawang ini.

Dia menjelaskan diantara capaian yang telah diraih yakni mencatat prestasi yang cukup membanggakan dengan menjadi kabupaten terbaik ke 54 Nasional dari 414 kabupaten di seluruh Indonesia dalam meraih prestasi dengan skor tertinggi dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Seluruh Kabupaten Se-Lampung tahun 2023

Capaian lainnya yakni turunnya angka kemiskinan dari 7,44 persen di tahun 2022 menjadi 7,25 persen di tahun 2023, laju pertumbuhan ekonomi yang meningkat 4,49 persen di tahun 2022 menjadi 4,53 persen pada tahun 2023 dari target 4,20 persen atau terealisasi 107,85 persen; kemudian laju penurunan Angka Pengangguran berhasil diturunkan dari 4,12 persen pada tahun 2022 menjadi 3,89 persen di tahun 2023.

“Dari sejumlah kegiatan APBD yang dilakukan juga menekan angka inflasi termasuk turunnya angka stunting di Tubaba,”ungkapnya

Menurutnya kalangan tokoh masyarakat di Tubaba mendukung penuh langkah-langkah pemkab dalam melaksanakan program pembangunan. Ia menyadari, belum sempurnanya pembangunan karena APBD Kabupaten belum mampu mengkaper semua sektor pembangunan di kabupaten setempat

“APBD Tubaba saat ini masih dibawah Rp1 triliun. Artinya, pembangunan yang dilakukan tentunya dengan skala prioritas. Itu yang harus kita pahami bersama. Salutnya, meskipun anggaran minim tapi pembangunan tetap berjalan dengan baik dan banyak prestasi yang diraih ditingkat provinsi dan nasional,”ujarnya

Dia meyakini dengan diperpanjangnya Kadis Kesebangpol Provinsi Lampung tersebut menjadi Pj bupati Tubaba di tahun kedua akan melanjutkan pondasi pembangunan yang telah diletakan Firsada selama 11 bulan memimpin Tubaba yang akan berakhir pada 22 Mei 2024.

Dia menilai Firsada juga mampu membangunan komunikasi yang baik dengan semua golongan. Bahkan, dekat dengan masyarakat dan apararur dibawah dengan tetap mengedepan adat dan budaya di Tubaba

“Andakan tahu, apapun kegiatan ditengah-tengah masyarakat, dia selalu menyempatkan diri untuk hadir berbaur dan mendengarkan aspirasi masyarakat. Itu dilakukan tanpa membeda-bedakan golongan, kami dari kalangan tokoh masyarakat sangat mengapresiasi keberhasilan Pak Pj bupati memimpin kabupaten ini,”ujar Herman.

Dia menambahkan, peletakan pondasi-pondasi pembangunan yang telah dilakukan pemkab saat ini tentunya tidak langsung dirasakan masyarakat secara instan. Tapi, akan bermanfaat untuk masyarakat kedepan.

“Kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah itu ada yang langsung dirasakan masyarakat dan ada juga yang dirasakan masyarakat untuk tahun-tahun berikutnya. Artinya, melakukan pembangunan itu tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi tetap harus dilakukan dengan tahapan dan proses yang benar,”tutupnya.

***ARP***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *